Jumat, 11 Juli 2008

Sontoloyo

Kepala BIN Syamsir Siregar memberikan cap "sontoloyo" kepada seorang menteri. Kita tidak tahu siapa menteri yang sontoloyo itu. Tetapi ada. Menteri2 dalam kabinet SBY jelas tau siapa menteri itu.

Jadi...
Kehidupan ketata-negaraan Indonesia ini benar2 sudah gak bener lagi. Para pejabat pemerintah mempermalukan pemerintahannya sendiri. Syamsir Siregar benar2 sontoloyo ketika mengucapkan itu. Beginilah temperamen militer kalau dikasih "angin". Kalau memang Ketua BIN Syamsir Siregar ini becus, harusnya menembak saja menteri itu. Tetapi rupanya intelijen negara kita saat ini hanya bisa bicara saja. Tak bisa menembak lagi. Ga bisa lagi diandalin.
Harusnya ia cukup berbisik kepada Pak SBY bahwa ada anak-buahnya yang sontoloyo. Karena memang tugasnya adalah membisiki pemerintah dengan info intelijen yang bener.

Ompung Syamsir Siregar ini sebaiknya pulang kampung aja. Bikin kedei kopi, lalu membahas politik di kampungnya sana... Daripada bikin rusuh tatanan negara Indonesia. Baru kali ini dunia intelijen Indonesia kelihatan sontoloyo dan bego.

Dulu-dulu...
Dunia intel kita disegani-ditakuti...
Pada saat Ali Murtopo dan Benny Moerdani yang jadi bos intel, kesan yang ada adalah seram, ditakuti, taktis, dan disegani. Sulit dimintai keterangan.

Sekarang tampang Kepala BIN pun hampir sama terkenalnya dengan Tukul.

Ah...
Si Syamsir Siregar inilah yang sontoloyo.

Tidak ada komentar: